"WELCOME TO MY BLOG FOLLOW AND CREAT YOUR COMMAND"

Saturday, February 16, 2013

Laporan,Jum'at01 febuary 2013 Mengidentifikasi alat-alat Jaringan

Alat-alat jaringan

disini saya akan menjelaskan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membuat jaringan computer yang berbasis LAN atau nama yang kita sebut sebagai Local Area Network,jaringan ini sering kita jumpai pada Warnet dan pada sebuah lab,jika lab tersebut dibuat sebuah jaringan LAN.
Berikut peralatan minimal yang dibutuhkan untuk membuat jaringan LAN,antara lain:

·         Komputer client/Server
      Client adalah komputer yang mengakses beberapa service yang ada di client. Ketika clientmembutuhkan suatu service yang ada di server, dia akan mengirim request kepada server lewat jaringan. Jika request tersebut dapat dilaksanakan, maka server akan mengirim balasan berupaservice yang dibutuhkan untuk saling berhubungan menggunakan Socket.server disini berfungsi sebagai computer yang menyediakan sumber dyay bagi computer client.

·         Modem
Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telepone. Modem adalah alat yang bertugas untuk menukar data dari bentuk digital ke analog dan sebaliknya. Dengan adanya modem pengguna PC dapat terkoneksi dengan dunia internet.ada berbagai jenis modem antara lain modem stik(usb)yang biasa kita gunakan.

·         LAN card/NIC
Network Interface Card (NIC), juga disebut sebagai Network Adapter,digunakan untuk menghubungkan komputer  ke kabel yang digunakan pada local area network (LAN). Fungsi utama dari NIC adalah mengijinkan komputer untuk berkomunikasi dalam network. Ia melakukan hal ini dengan mengirim/menerima dan mengontrol traffic dengan komputer atau peralatan lain yang ada pada network.pada komputer biasanya sudah terdapat lan yang onboard jika anda akan membuat jaringan peer to peer maka anda harus memnambahkan satu LAN card.

·                 Kabel UTP(Unshielded Twisted pair)    
Kabel UTP itu adalah kabel khusus buat transmisi data. UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair”. Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebuttwisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan.urutan warna kabel utp cross dan stright adalah
     Kabel cross                                    
  1. Hijau putih      -           Orange Putih              
  2. Hijau               -           Orange                                   
  3. Orange Putih   -           Hijau Putih                 
  4. Biru                 -           Biru
  5. Biru Putih\       -           Biru Putih
  6. Orange                        -           Hijau
  7. Coklat putih    -           Coklat Putih
  8. Coklat             -           Coklat
Maksud penjelasan diatas jika sisi sebelah kiri warna hijau putih maka sisi sebelah kan warna orange putih,begitu seterusnya urutanya lihat diatas.jika kabel straight urutan kabelnya sama missal sisi sebelah kiri orange putih maka sisi sebelah kanan pun orange putih intinya kedua sisi sama

·         Tang Crimping 
Alat ini gunanya untuk ‘mematikan’ atau ‘menanam’ konektor ke kabel UTP. Jadi sekali sudah di ‘tang’, maka konektornya sudah tidak dapat dilepas.

·         Switch
adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).

·         Router
Router memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang mungkin memiliki banyak jalur di antara keduanya. Jika dua atau lebih LAN terhubung dengan router, setiap LAN dianggap sebagai subnetwork yang berbeda.
Router terdiri atas dua jenis :
1.      Router Dedicted ; sebuah device khusus yang dibuat oleh pabrik.
2.      Router PC ; dimana PC dapat difungsikan sebagai router selama memiliki lebih dari satu interface jaringan, mampu mem-fordward paket IP, serta menjalankan program untuk mengatur routing paket.



No comments :

Post a Comment